Advertise
TOTAL MEMBERS:
42.225
TOTAL FOBLOGS:
91.647
TOTAL FRIENDSHIPS:
165.300
Searching:
Create Blog

Dampak perceraian terhadap anak

Navigation: Foblog Online » Lihat Semua Foblog » Psikologi » Psikologi Anak » Dampak perceraian terhadap anak
Published on 15 March 2010 00:00 by Dennis AdrianComment
Category: Psikologi » Psikologi Anak2921 Views 2138 Chars
Short URL: Print Dampak perceraian terhadap anak   PDF Dampak perceraian terhadap anak
 
  

Dampak perceraian terhadap anak


Dua model utama telah diajukan untuk menjelaskan bagaimana perceraian mempengaruhi perkembangan anak  yaitu model tiadanya ayah dan model faktor ganda.

  • Model faktor ganda perceraian (multiple-factor model of divorce) mempertimbangkan kompleksitas konteks perceraian dan menguji sejumlah pengaruh terhadap perkembangan anak, yang meliputi tidak hanya struktur keluarga tetapi juga kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan anak sebelum perceraian, hakekat peristiwa-peristiwa yang mengitari perceraian itu sendiri, tipe pengasuhan anak yang diberikan, pola-pola kunjungan, status sosial ekonomi, dan keberfungsian keluarga setelah perceraian.

Para peneliti menemukan bahwa ketersediaan dan penggunaan sistem-sistem bantuan ( saudara-saudara, teman-teman, pembantu rumah tangga ), relasi positif yang berlangsung terus antara orang tua pengasuh dan mantan pasangan, pengasuhan yang otoritatif, sumber-sumber keuangan dan kompetensi anak pada saat peceraian adalah faktor-faktor yang penting yang menentukan seberapa berhasil remaja menyesuaikan diri dengan perceraian orang tuanya.

  • Model tiadanya ayah di dalam model struktur keluarga menyatakan bahwa setiap perbedaan-perbedaan yang terdapat pada anak-anak dari struktur keluarga yang berbeda adalah disebabkan oleh variasi-variasi struktur keluarga, seperti tidak adanya ayah dalam suatu keluarga hanyalah salah satu dari sekian faktor yang mempengaruhi perkembangan dan penyesuaian anak-anak dalam keluarga-keluarga orang tua tunggal. Bahkan bila para peneliti membandingkan perkembangan anak-anak dalam struktur keluarga secara lebih teliti ( seperti bercerai VS janda ), terdapat banyak faktor selain struktur keluarga yang harus di uji untuk menjelaskan perkembangan anak, seperti yang tertera diatas model faktor ganda.


KESIMPULAN : Kebanyakan anak-anak pada mulanya mengalami stress berat ketika orang              

Tua mereka bercerai dan mereka beresiko mengembangkan masalah-masalah perilaku. Banyak anak yang berasal dari keluarga bercerai menjadi individu-individu yang berkompeten.


Oleh : Handoko Frastori (Mahasiswa Psikologi UPI YAI Jakarta)

 


Dapatkan informasi terbaru dan menarik melalui media sosial PsikoMedia

PsikoMedia on Facebook:

 
PsikoMedia on Twitter:

 

Baca Juga
Foblog Psikologi :Foblog Lain-lain :


Facebook Comments





Kirim Komentar


Login first to leave a comment.
Signup here or Login here
PsikoMedia © 2008-2014 ® All Rights Reserved